I K E A (di tarakan)

by - 09.22

Modern ini, sepertinya hampir semua warga urban mengenal dengan product 'IKEA' apa lagi yang condong dengan konsep minimalism.

hah ? ada yang belum kenal dengan ikea, okay mari kenalan dulu yuk...



Perusahaan ini didirikan Ingvar Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar Kamvrad; tempat ia dilahirkan, Elmtaryd; dan desanya, Agunnaryd 

Awalnya, IKEA menjual berbagai barang, dari pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam tangan. Perabotan mulai masuk ke dalam daftar pada 1947 dan IKEA mulai merancang sendiri pada 1955.
Penjualan pada mulanya dilakukan melalui pos dan kemudian, sebuah toko dibuka di Älmhult yang kemudian menjadi model toko IKEA untuk selanjutnya. Pada 23 Maret 1963, toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka di Asker, dekat Oslo, Norwegia

Produk IKEA dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh.
Biasanya, toko IKEA terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer dan market-hall di atas dan gudang di bawah.

Ada tiga hal yang dilakukan oleh IKEA yang membuat mereka bisa bertahan lama dan menjadi merek yang ikonik. Pertama, IKEA menjalankan bisnis dengan tingkat efisiensi dan efektivitas yang tinggi. Hal ini bisa dilihat dengan pilihan konsumen yang harus merakit sendiri barang yang telah dibeli.

Kedua, semua aktivitas inti yang dilakukan oleh IKEA terkoneksi satu sama lain dan dilakukan secara konsisten sehingga model bisnisnya sulit ditiru oleh banyak pesaing.
Ketiga, IKEA melakukan aktivitas berdasarkan pengelompokan yang tidak umum. Pengelompokan ini kemudian diterapkan dalam pembuatan katalog produk.

Manajamen IKEA selalu memastikan bahwa ritel yang berada di seluruh dunia untuk selalu menerapkan konsep, metode penjualan, serta pelayanan konsumen yang sesuai dengan standar IKEA.

Satu hal yang berhasil dilakukan IKEA adalah membangun model bisnis yang baik dan berkelanjutan. IKEA mengombinasikan antara sumber daya manusia dengaan kompetensi yang dimiliki. Serta membawa konsep furnitur berkualitas tidak harus mahal.

Dengan desain furniture yang minimalis, dinamis menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap pengunjung yang datang. apa lagi saat ini, memang ikea telah melakukan penetrasi ke Indonesia sejak 2014, tepatnya di Alam sutra, Tangerang selatan.

Selain eco friendly, konsep yang ditawarkan memang sangat mengundang selera konsumsi yang menjadi tinggi, makanya sebelum belanja sebaiknya buat list belanjaan, jangan sampai mubazir hehee, boleh dibuktikan trademark IKEA punya posisi tertinggi dibanding informa, ace, dll.

Wilayah kalimantan sendiri udah ada cabang ikea, seperti di Balikpapan, Samarinda. nah kota Tarakan terbelakang sampai saat ini, apalagi Mall nggak ada. nah, syukurnya ada salah satu reseller ikea yaitu @house_of_rika yang menjadi salah satu moodboster ibu-ibu untuk selalu bersih-bersih & menata rumah. secara tidak langsung saat ini menjadi kiblat trending, dan awalnya sempat berfikir kok mahal banget yaa, tapi jika dicompare pemesanan sendiri dengan biaya pengiriman ke tarakan khususnya sangat mahal, jadinya lebih memilih belanja di @house_of_rika dan disesuaikan kebutuhan juga pastinya.


 di @house_of_rika kalian bisa memilih beberapa perintilan yang ready, sometimes juga kalian bisa request untuk pengadaan karena saat ini hanya beberapa product yang bisa kalian dapatkan disana dan cukup terbatas yah. semoga kedepannya bisa lebih berkembang lebih besar. nah, untuk kalian yang belum tahu posisi @house_of_rika silahkan di follow instagram'nya, disana kalian bisa dapat contact personal. 

anyway, tenang saja ownernya sangat baik dan bersahaja, melayani setiap customer's dengan ramah banget, kalian bisa diskusi harga hahahaa.. Oh, untuk lokasi ruko"nya di sebengkok area puskesmas & bidan rahmi. silahkan berkunjung ikea'ers





You May Also Like

2 komentar